VIRTUAL OFFICE

 KANTOR VIRTUAL


    Jika melihat di kota-kota besar, virtual office boleh dibilang menjadi sesuatu yang lumrah. Bahkan, beberapa diantaranya adalah perusahaan start-up. Yang menarik adalah terkadang dengan hadirnya virtual office, mereka hanya mengenal sebatas nama atau obrolan via online. Namun demikian, virtual office diklaim lebih menghemat biaya dan waktu.

1. Definisi virtual office
        Kantor virtual (virtual office) adalah suatu konsep yang mengenalkan pekerjaan kantor yang dilaksanakan secara virtual dengan jalan membangun suatu link antara pekerja yang satu dengan yang lainnya di tempat yang berbeda untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.

    Virtual office merupakan "ruang kerja" yang berlokasi didunia internet, dengan kata lain tidak mempunyai kantor real atau nyata, di mana seorang individu dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diperlukan untuk melaksanakan bisnis tanpa memiliki lokasi usaha. 

2. Tujuan virtual office
        Kemajuan teknologi yang terus-menerus berkembang mendorong bisnis untuk bergerak semakin cepat. Kantor virtual sendiri timbul dikarenakan memiliki tujuan, yaitu sebagai upaya untuk mewujudkan pengurangan penggunaan lingkungan kantor secara fisik yang berujung pada penekanan biaya. Hal tersebut merupakan suatu implementasi dari upaya otomatisasi perkantoran untuk meningkatkan produktivitas kerja.

3. Karakteristik virtual office
        Kemampuan otomatisasi perkantoran untuk menghubungkan orang secara elektronik telah membuka cara baru melakukan pekerjaan kantor tanpa berada dikantor/bisa dilakukan dimana pun. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang mendorong munculnya virtual office. Virtual office memiliki beberapa karakteristik.
Adapun karakteristik dari virtual office, sebagai berikut:
    a. Melintasi batas
    b. Berbagai sumber daya (resources)
    c. Wilayah yang tersebar
    d. Anggota yang tidak tetap

4. Komponen-komponen dalam virtual office
        Dengan banyaknya inovasi di industri komputer, apa yang dahulu dimulai sebagai suatu penerapan dalam skala kecil akhirnya dikenal sebagai suatu strategi yang perlu diikuti dalam skala besar. Gagasan kantor maya dapat dikembangkan untuk diterapkan pada perusahaan secara keseluruhan atau pada organisasi, sehingga lebih dikenal dengan istilah organisasi maya. 
Adapun komponen-komponen yang terdapat pada vitual office, sebagai berikut:
    a. Virtual knowledge worker
    b. Virtual teamwork
    c. Integrated complex networks intelligence
    d. Complex matrix structure
    e. Faster learning organization

5. Keuntungan dan kerugian virtual office
    Berikut keuntungan dan kerugian dalam penerapan virtual office:
    
    a. Keuntungan virtual office
        Virtusl office dapat mengatasi kendala fisik dari tempat kerja sehingga menghasilkan beberapa keuntungan, sebagai berikut:
        1) Pengurangan biaya fasilitas
        2) Pengurangan biaya peralatan
        3) Jaringan komunikasi formal
        4) Pengurangan penghentian kerja
        5) Kontribusi sosial

    b. Kekurangan/ kerugian vitual office
        Walaupun virtual office memang memiliki banyak kelebihan, namun disisi lain virtual office juga memiliki kekurangan yang harus diterima oleh para penggunanya.
Beberapa kekurangan virtual office, sebagai berikut:
        1) Rasa tidak memiliki
        2) Takut kehilangan pekerjaan 
        3) Semangat kerja yang rendah
        4) ketegangan keluarga

 

 Nabila Azzahra PW
X/OTKP 1 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNOLOGI PERKANTORAN

RAPAT